Penjelasan Seputar bayi Neonatal atau Neonatus


 Penjelasan Seputar bayi Neonatal atau Neonatus

 Arti bayi neonatal (neonatus).

Pengertian bayi neonatal (neonatus) yaitu adalah fase kenasiban  pertama kali yang dialami oleh bayi seusai bayi keluar dari kandungan (seusai bayi lahir) hingga bayi berusia 2 minggu.

Masa bayi neonatal adalah periode yang paling berbahaya, baik dengan cara fisik maupun psikologi.

Secara fisik, masa neonatal ini berbahaya sebab susahnya bagi bayi untuk meperbuat adaptasi diri dengan cara radikal yang paling penting pada lingkungan yang baru serta tak sama,

dan sebab pada fase ini terjadi hampir dari  semua organ tubuh mengadakan adaptasi dengan lingkungan yaitu mengalami pematangan pada organ tubuh bayi.

Dan dengan cara psikologi yaitu saat terbentuknya sikap bayi yang dibentuk dari orang-orang yang dekat dengan bayi.

Saat bayi berada didalam rahim ibu, segala sesuatu yang diperlukan oleh bayi disalurkan melewati tali pusar yang terhubung dengan ibu,

tergolong makanan yang diperlukan oleh bayi, tapi seusai bayi lahir, bayi wajib berusaha beradaptasi dengan lingkungan,

sebab nasibnya telah terpisah dari sang bunda serta tak menjadi parasit lagi didalam tubuh ibunya.

Masa bayi baru lahir (Neonatal) dibagi menjadi 2 tahap, yaitu :

Periode Partunate, dimana masa ini dimulai dari saat kelahiran hingga 15 serta 30 menit seusai kelahiran.

Periode Neonate, dimana masa ini dari pemotongan serta pengikatan tali pusar hingga kurang lebih akhir minggu kedua dari kehidiupan pascamatur.


Ciri-Ciri bayi neonatal, yaitu :

Masa bayi neonatal adalah periode perkembangan yang waktunya lebih pendek dibandingkan periode perkembangan lainnya

Masa bayi neonatal adalah peralihan masa sewaktu didalam kandungan dengan diluar kandungan (didunia), jadi pada periode ini bakal terjadi adaptasi yang radikal.

Perkembangan bayi pada masa pranatal terhenti ketikan bayi dilahirkan serta perkembangan bakal dilanjutkan kembali pada masa bayi neoatal, tetapi terjadi diluar kandungan.

Masa bayi neonatal adalah adalah garis awal untuk mencapai perkembangan selanjutnya, masa neonatal  bayi sangat mendukung untuk tercapainya perkembangan bayi yang optimal.

Susahnya adaptasi bayi neonatal dengan lingkungan sangat berbahaya bagi bayi.

Penyesuai lingkungan yang diperbuat bayi neonatal yaitu meliputi:

Perubahan suhu dari 100° F (sewaktu bayi berada didalam kandungan) menjadi 60° alias hingga 70° yaitu ketika bayi telah berada diluar kandungan (bayi dilahirkan).

Seusai bayi dilahirkan serta menjadi pribadi yang terpisah dari ibunya (tali pusar bayi terputus) bayi wajib benafas sendiri,

menghisap serta menelan makanan sendiri, jadi bayi tak lagi tergantung terhadap tali pusat sebagai penghantar makanan semacam sewaktu berada dalam kandungan.

Pembuangan, ketika bayi dilahirkan barulah alat-alat pembuangan yang tersedia pada tubuh bayi bisa bermanfaat dengan cara optimal.

Metabolisme tubuh bayi bakal normal terjadi pada saat bayi telah lahir, tak sama dengan saat bayi tetap berada didalam rahim ibunya.

Seluruh panca indera yang tersedia pada tubuh bayi bakal bermanfaat dengan baik serta bakal dioptimalkan seusai bayi dilahirkan.

Bayi neonatal yang mengalami kesusahan dalam adaptasi lingkungan bakal berakibat kurang baik bagi keadaan kesehatan serta perkembangan bayi,

sebab bisa mengakibatkan penurunan berat badan bayi serta perilaku bayi yang tak teratur, serta yang paling fatal adalah yaitu bisa mengakibatkan kematian terhadap bayi.

Rawatlah bayi anda, penuhi kebutuhannya, serta setiap sentuhan lembut yang kamu berbagi sangat berpengaruh pada pertumbuhan serta perkembangan bayi neonatal anda.

Sikap orang tua yang membahagiakan bakal memberi rangsangan serta mendorong adaptasi yang baik bagi pertumbuhan bayi anda. Bayi butuh kepercayaan orang tua.

Comments

Popular posts from this blog

Peran Orang Tua Dalam Proses Pendidikan Terhadap Anak

Jenis Zat yang Terkandung dalam Makanan

Penyebab Terjadinya Anemia Pada Anak